Trik Tersembunyi di Google Chrome Android


Sebagian besar masyarakat di dunia menggunakan google chrome di smartphone nya karena dirasa lebih ringan dan terasa lebih cepat, selain itu tampilan antarmuka nya yang sederhana dan mudah untuk dipahami.

Namun jarang orang yang mengerti bahwa di google chrome terdapat trik tersembunyi yang tampilannya agak sedikit berubah namun sangat menarik jika dicoba.

Apa aja sih trik tersembunyi di google chrome?

Yuk simak uraian dibawah.


Memindah bilah alamat website ke bagian bawah

Pada tampilan google chrome yang belum diubah pasti bilah alamat website terletak dibagian atas, yang belum tau bilah alamat nih saya kasih gambarnya dibawah yang saya lingkari merah.



Nah, tentunya bilah alamat di bagian atas tidak efisien digunakan pada gadget yang mempunyai layar besar seperti tablet. oleh karena itu, cobalah memindah bilah alamat ke bagian bawah agar anda lebih mudah dalam mengaksesnya

Caranya mudah yaitu :

1. ketik "chrome://flags" tanpa tanda kutip di bilah alamat website.



2. Jika sudah muncul tampilan, ketuk 3 titik hitam di sudut kanan atas lalu pilih Cari di halaman. 



3. Lalu tulis di bilah penelusuran ketik "chrome home" tanpa tanda kutip.


4. Anda pasti melihat ada sorot warna oranye di tulisan chrome home, ketuk bagian tulisan Default dan pilih Enabled

 
5. Kemudian anda ketuk Relaunch now pada tampilan yang muncul, dan anda harus menghapus chrome dari jendela aplikasi anda, agar tampilan berubah.


Setelah anda membuka chrome tampilannya pun menjadi berbeda, kini bilah alamat website berada di bagian bawah seperti ini.


Selalu di Mode Baca

Terkadang ada sebagian website yang menampilkan iklan terlalu banyak yang dapat mengganggu kita dalam membaca artikel. Nah disini mode baca sangat penting agar kita fokus dan nyaman. Pada mode ini chrome akan menghapus semua elemen kecuali konten.

Pertama, sama seperti sebelumnya masih di chrome flags lalu ketik di bagian search flags dengan kata kunci "reader mode triggering" tanpa tanda kutip. Lalu ketuk Default dan pilih Always



Lalu ketuk Relaunch now dan hapus chrome dari jendela aplikasi anda agar tampilannya berubah.


Berikut contoh dari tampilan mode baca


Disisi kiri adalah tampilan asli dan di sebelah kanan adalah mode baca. Nyaman untuk dibaca kan?

Menavigasi Tab Chrome dengan Mudah

Tahukah anda, bahwa tampilan tab di chrome bisa diubah loh, yang biasanya berbentuk seperti kartu yang di tumpuk - tumpuk tetapi menjadi tampilan yang mudah untuk diakses.

Ini sangat efisien saat anda membuka banyak tab dan akan beralih ke tab yang lain, karena anda akan mudah untuk mencarinya.

Pertama, sama seperti sebelumnya di chrome flags ketik di bilah search flags dengan kata kunci "Accessibility Tab Switcher" tanpa tanda kutip. Lalu ketuk menu disabled dan pilih enabled.


Kemudian hapus aplikasi chrome dari jendela aplikasi, lalu jalankan kembali, maka lihat hasilnya.


Mengaktifkan Pembesaran Konten Pada Semua Website 

Tidak seluruh situs website bisa diperbesar artikelnya. Nah ini menjadi masalah jika anda akan menyalin teks. Beruntung, google chrome ternyata terdapat trik tersembunyi untuk mengatasi masalah ini.

Pertama, ketuk 3 titik hitam yang berada di sebelah bilah alamat website lalu pilih Setelan 


Kemudian muncul tampilan pilih Aksesibilitas dan centang di menu Memaksa pengaktifan zoom



Nah itu sedikit trik tersembunyi di google chrome yang jarang orang ketahui, jika anda menemukan trik tersembunyi dari google chrome silahkan tulis di kolom komentar.

Semoga bermanfaat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »